Demo memprotes kendaraan berat tronton di jl.raya parungpanjang-sudamanik yang direncanakan hari sabtu tgl.01 sepetember 2012, ternyata tidak jadi. Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya koordinator demo terlebih dahulu sudah dipanggil pihak polsek untuk mengurungkan niatan demo tsb, karena dikhawatirkan akan terjadi bentrok pisik antara preman yang disewa pihak perusahaan galian dan pendemo. Lagi-lagi yang punya uang yang menang...
gravatar

Ciheulang potret unik kampung ”aspek”...

Ciheulang potret unik kampung ”aspek”...

Satu lagi keunikan masyarakat Parungpanjang yang hidup tanpa sentuhan elektronik...

Ciheulang, satu wilayah di daerah Dago, Parungpanjang. Wilayah yang dihuni oleh sekitar 3.000 penduduk ini mempunyai keunikan sendiri dibanding dengan masyarkat kebanyakan saat ini.

Keunikan tersebut yaitu masyarakatnya tidak diperbolehkan menggunakan perangkat elektronik, terutama perangkat tersebut mempunyai fasilitas loud speaker.

Karena keunikannya kampung ciheulang oleh masyarakat kebanyakan di Parungpanjang dijuluki kampung ”aspek” alias anti speaker.

Seperti keunikan lainnya yang dimiliki masyarakat tertentu di Indonesia, keunikan di ciheulang tersebut dipegang turun temurun tanpa aturan tertulis. Istilah ”nurut ka kolot” (nurut sama yang lebih tua,red.) membuat bertahannya keunikan tersebut.






Cerita turun temurun dongeng dari Desa Dago:

Dago mempunyai dongen masyarakat yang kerap diceritakan masyarakatnya turun temurun yaitu dongeng tentang Gunung Dago dan Ki Jiam

Saking melekatnya dongen tersebut sampai saat ini masih banyak masyarakat Dago yang melestarikan mitos Ki Jiam, misalnya ketika melewati tempat sepi atau hutan mereka kerap mengucapkan ” permisi jangan ganggu saya masih keturunan ki Jiam....”


Perpustakaan Pasir Maung Mandiri:

Beruntung perpustakaan masuk ke ciheulang, hal tersebut stidaknya membawa jalan informasi buat masyarakatnya yang selama ini tedak mengakses informasi dari media elektronik. Perpustakaan Pasir Maung Mandiri didirikan berkat bantuan dari Dana Kemanusiaan kompas pada tanggal 20 Januari 2010 lalu.
sumber:

http://www.wadahfoundation.or.id/?p=1577&lang=id